Jumat, 20 Oktober 2017

service printer panggilan semarang1 085643563591

it

Perbedaan Printer Inkjet, Laserjet, dan Dot Matrix


Printer Inkjet


Gambar Printer Inkjet
Untuk printer Inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta dalam mencetak. Namun, hasil cetakan ini tidak ditentukan dari tinta yang digunakan namun dari tipe printer yang digunakan. Printer Inkjet ini umumnya menggunakan jenis tinta dye dimana mampu menghasilkan sebuah cetakan warna yang bagus namun cepat pudar. Selain menggunakan tinta dye jenis printer Inkjet juga bisa menggunakan tinta pigment yang mampu menghasilkan sebuah cetakan lebih berkualitas dan warnanya tidak cepat pudar meskipun sering terkena air serta terpapar sinar ultraviolet. Printer jenis ini banyak digunakan karena harganya murah sehingga mudah disesuaikan dengan budget banyak kalangan.

Printer Laserjret atau Printer Laser


Gambar Printer Laserjret atau Printer Laser
Berbeda dengan printer Laserjret, atau sering disebut dengan Laser ini. Dimana, jenis printer ini menggunakan tinta bubuk atau biasa disebut dengan toner dan satu pencetak yang disebut drum. Printer ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan mesin foto copy sehingga hasil cetakannya lebih cepat kering. Printer Laser ini mempunyai kecepatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan printer Inkjet dan Dot Matrix. Selain itu jenis printer Laser ini juga lebih simpel jika dibandingkan dengan printer Inkjet. Karena harga printer Laser ini lebih mahal jika dibandingkan dengan printer Inkjet.

Printer Dot Matrix


Gambar Printer Dot Matrix
Sementara untuk printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan metode pencetakan dengan pita. Cetakan yang dihasilkan dari printer ini menyerupai banyak titik namun saling berhubungan dan membentuk satu huruf atau gambar. Namun, hasil cetakan dari printer Dot Matrix kurang berkualitas. Resolusi cetakannya sangat rendah. Printer Dot Matrix memiliki kinerja yang mirip dengan mesin tik bahkan bisa mencetak dengan beberapa kertas sekaligus dengan menggunakan kertas karbon ataupun continous form. Secara umum, printer dot matrix ini hanya 1 warna saja yaitu hitam. Karena printer ini memiliki kualitas yang rendah. Dot Matrix banyak digunakan di perkantoran, industri, dan juga supermarket, untuk mencetak data laporan, penjualan serta beberapa dokumen lainnya. Biaya operasional untuk printer Dot Matrix ini juga relatif murah sehingga memudahkan para perusahaan dalam menggunakannya.
Setelah mengetahui penjelasan diatas dapat disimpulkan perbedaan printer Inkjet, Laserjet, dan Dot Matrix sehingga bisa menentukan jenis printer sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan demikian bisa disimpulkan untuk mengerjakan tugas harian dan tidak membutuhkan hasil cetak yang maksimal maka anda bisa menggunakan printer Inkjet. Sementara bagi anda yang aktif di kantor dan membutuhkan hasil cetakan yang cepat dan tidak sering bermasalah maka gunakan jenis printer laserjret yang memiliki kualitas cetak lebih baik jika dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kemudian, bagi anda yang bergelut didunia usaha atau lainnya dan harus membuat laporan maka pilihan tepatnya adalah menggunakan printer dot matrix. Karena dengan printer ini mampu menghasilkan cetakan secara rangkap dan biaya operasional yang lebih murah ketika menggunakan printer ini. Demikian informasi tentang jenis serta perbedaan printer Inkjet, printer Laserjret, dan juga Dot Matrix semoga bisa bermanfaat.


sumber:http://seputarprinter.com/perbedaan-printer-inkjet-laserjet-dan-dot-matrix/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service Printer Panggilan Seamarang1 085643563591

Cara Membersihkan Head Printer atau Head Cleaning Printer Anda bisa melakukan Head Cleaning Printer dengan menggunakan software atau m...